Minggu, 05 Juni 2011

Giacinto Facchetti


Giacinto Facchetti
 (lahir 18 Juli 1942 – meninggal 4 September 2006 pada umur 64 tahun) adalah seorang pemain sepak bola Italia. Ia adalah mantan pemain tim nasional sepak bola Italia pada Piala Dunia FIFA 19661970, dan 1974. Ia juga salah satu pemain yang sukses mengantarkan Italia menjadi juara Piala Eropa pada tahun 1968 yang berlangsung di Italia. Pada Piala Dunia 1970 – ketika menjabat sebagaikapten tim – ia sukses membawa tim Azzuri sampai di babak final (kalah 1 – 4 dariBrasil).

Giacinto Facchetti
Giacinto Facchetti
Giacinto Facchetti pada Perangko Ajman 1968
Informasi Pribadi
Nama lengkapGiacinto Facchetti
Tanggal kelahiran18 Juli 1942 (umur 68)
Tempat kelahiranTreviglioItalia
Tanggal kematian4 September 2006 (umur 64)
Templat kematianMilanItalia
Tinggi1.91 m (6 ft 3 in)
Posisi bermainBek kiribek tengah
Karier junior
1956 – 1960Trevigliese
Karier senior*
TahunTimTampil (Gol)
1960 – 1978Internazionale476 (59)
Tim nasional
1963 – 1997Italia94 (3)
* Penampilan dan gol di klub senior hanya dihitung dari liga domestik .

Faccheetti yang berposisi sebagai bek sayap ini juga telah mengantarkan klubnya,Inter, ke tangga juara Liga Italia sebanyak empat kali, yaitu pada tahun 19631965,1966 dan 1971 serta gelar Liga Champions Eropa pada tahun 1964 dan 1965.
Rekan setim Facchetti di tim nasional dan Inter, Sandro Mazzola pada Channel 4mengatakan :
Berita kematian Facchetti sangat menyedihkan bagi saya, kami telah lama menghabiskan waktu bersama. Ia adalah pria baik, di dalam maupun di luar lapangan. Ia adalah teman satu tim yang hebat, kunci penting dalam tim dan selalu siap bertanding kapanpun ia dibutuhkan oleh tim.
Sementara, Gianni Rivera, mantan pemain Milan dan playmaker Italia menyatakan :
Ia telah berbuat banyak, tidak saja di lapangan bola. Kami telah menghabiskan waktu bersama selama beberapa tahun. Tidak saja selama kami masih aktif bermain, setelah pensiunpun kami masih tetap berhubungan. Kami memiliki hubungan pertemanan yang sangat dekat," kata Gianni Rivera, mantan pemain Milan dan playmaker Italia.
Di situs resmi Inter, sang kapten, Javier Zanetti menyatakan :
Seluruh pemain dan segenap keluarga besar Inter turut berduka atas kepergiannya. Kami akan sangat merindukan Facchetti karena ia adalah sosok yang luar biasa, orang yang luar biasa baik. Ia akan selalu menjadi bagian dalam sejarah perjalanan Inter. Hari ini adalah hari yang menyedihkan bagi kami karena ia begitu dekat dengan kami. Kami akan selalu mengenangmu Facchetti.
Salah satu pemain legendaris Inter, Beppe Bergomi menambahkan:
Ia adalah simbol bagi Inter dan dunia sepak bola Italia. Facchetti menderita sakit setelah menjalani operasi lutut, saya selalu menanyakan keadaannya dan saya tahu kondisinya bertambah kritis. Ketika seseorang meninggal dunia, semua orang baru mengatakan bahwa ia adalah seorang yang spesial, tapi mengenai Facchetti saya katakan dengan jujur bahwa ia benar-benar spesial.
Klub sekota Inter, AC Milan melalui situs resminya mengeluarkan pernyataan: "Facchetti adalah seorang pemain yang sportif baik di dalam lapangan maupun di luar lapangan, tidak heran ia dicintai oleh para penggemar. Seluruh tifosi Milan dan seluruh orang di kota ini turut berkabung atas berita wafatnya dan turut berduka cita kepada seluruh keluarga yang ditinggalkan, teman-temannya dan seluruh staffnya di Inter." Posisi terakhir Facchetti adalah menjabat sebagai Presiden Klub Inter.
Legenda hidup kiper Italia dan dunia, Dino Zoff menyatakan :
Facchetti adalah orang yang luar biasa. Kami berjuang bersama di tim Azzuri selama beberapa tahun dan ia adalah teman yang baik dan saya sayang padanya. Hari ini saya kehilangan seorang teman sejati yang memiliki kepribadian baik, di dalam maupun di luar lapangan.
Tidak ketinggalan Juventus mengeluarkan pernyataan resmi melalui situs resminya: "Juventus menerima berita wafatnya Giacinto Facchetti dengan perasaan duka sedalam-dalamnya dan menyatakan turut berduka cita kepada pihak keluarganya yang ditinggalkan, pihak Inter, para penggemar dan kepada seluruh pesepak bola Italia yang merasa ditinggalkan oleh simbol dan legenda dunia sepak bola Italia."
Pernyataan turut berbelasungkawa atas wafatnya Facchetti juga datang dari Federasi Sepak Bola Italia dan dari seluruh insan sepak bola di Italia baik yang masih aktif maupun yang sudah tidak aktif bermain dan sebagai penghormatan atas dedikasinya bagi Internazionale, maka nomor punggung 3 diabadikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar